Ustad Alamsyah: Fatimah Adalah Simbol Penjaga Wilayah Keluarga Nabi

Banyak pelajaran berharga yang bisa digali dari kehidupan putri nabi Sayyidah Fatimah, terutama peran Fatimah dalam menjaga wilayah sepeninggal ayahnya.

Hal itu disampaikan ustad Alamsyah Manu dalam acara peringatan syahadah Sayyidah Fatimah di Pesantren Darut Taqrib Jepara, pada Rabu (22/1/2019)

“Maksud wilayah yang diperjuangkan oleh Sayyidah Fatimah yaitu ketaatan umat kepada Imam Ali sebagai pengganti Nabi Muhammad Saw,” paparnya.

Dalam acara yang dimulai jam delapan malam itu, ustad Alamsyah menyebutkan asbabun nuzul surat Qs. Al Maidah: 55 yang menurut para mufasir menyebutkan bahwa ayat ini diturunkan untuk imam Ali as. Bunyi ayatnya; “Sesunggunya wali (pemimpin) kalian adalah Allah, RasulNya dan orang-orang beriman yang mendirikan shalat dan memberikan zakat (sedekah) pada saat sedang ruku”.

Sejarah menyebutkan, bahwa yang memberikan cincinnya pada saat sedang ruku dalam shalat hanyalah Imam Ali bin Abi Thalib. Jika merujuk kelanjutan ayat bahwa pemimpin kalian adalah Allah, Rasul dan orang beriman yang mendirikan shalat kemudian berzakat pada saat sedang ruku.

Maka apa yang dilakukan ibunda Hasan dan Husain sepeninggal ayahnya itu adalah perjuangan beliau dalam mengingatkan umat akan wilayah yang merupakan hak suaminya.

“Selama hidup Sayyidah Fatimah berjuang untuk mempertahankan wilayah. Pasca meninggal ayahnya beliau keluar rumah berkeliling mengingatkan masyarakat akan wilayah suaminya pada peristiwa Ghodir Khum,” katanya..

Ustad dari Nusa Tenggara Timur (NTT) itu melanjutkan, bahwa dalam ziarah harian pada hari Ahad, kita membaca ziarah kepada Sayyidah Fatimah, disebutkan bahwa Sayyidah Fatimah adalah “Mumtahanah”, artinya orang yang telah diuji oleh Allah dan dia bersabar dengan ujian yang diberikan.

“Yang tidak kita ketahui ujian seperti apa? dan kapan?” Tambahnya.

Maka melihat sayyidah Fatimah, lanjutnya, tidak sekedar melihat seorang wanita dan ibu yang meninggal pada usia sekitar 18 tahun, namun dia adalah seorang ibu yang mengetahui apa yang akan terjadi pada putranya di Karbala, apa yang akan terjadi pada dirinya, rumah dan juga keluarganya sepeninggal ayahnya kelak.

“Dengan pengetahuan seperti itu karena putri kesayangan Nabi itu memiliki kedudukan mulia di sisi Allah,” katanya.

Fatimah adalah penjaga wilayah, ia senantiasa mengingatkan umat bahwa wilayah adalah milik keluarga Nabi, pungkasnya. (DarutTaqrib/Adrikna)

No Response

Leave a reply "Ustad Alamsyah: Fatimah Adalah Simbol Penjaga Wilayah Keluarga Nabi"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.