MUI Jawa Tengah: Ulama Harus Menyejukan Menghindari Perseteruan

Sejak dahulu peran ulama sangat penting di tengah masyarakat, untuk itu ulama harus menebarkan khutbah yang menyejukan dan menghindari perseteruan antar sesama, ujar ketua MUI Jawa Tengah, KH. Ahmad Daroji dalam acara Orientasi Kader Ulama dan Sosialisasi Dai Kamtibmas yang digelar MUI Kabupaten Jepara, Pemkab Jepara dan Linmas Jepara.

“Indonesia adalah milik kita, yang menyusun Pancasila juga para Kyai. Untuk itu saya berpesan agar para ulama dan dai senantiasa menjalin kerja sama dengan semua pihak, membuat khutbah Jumat yang menyejukan dan menghindari perseteruan antar sesama,” Kata ulama kharismatik kelahiran Semarang itu.

Dalam acara yang mengusung tema ‘Merawat Kebhinekaan Untuk Jepara Berintegritas’ itu KH. Ahmad Daroji juga mengatakan bahwa kemitraan MUI dengan para pemimpin daerah terjalin baik, karena menurutnya ulama dan umaro memiliki peran sentral di tengah masyarakat.

“Bermitra bukan berarti tidak mengingatkan ketika salah, namun harus berani meluruskan jika ada umaro yang menyimpang,” imbuhnya.

Sementara itu, ketua MUI Kabupaten Jepara, Dr. KH. Mashudi dalam sambutannya menekankan pentingnya acara itu, karena sebagai upaya MUI daerah dalam mengimbangi pergeseran umat di era milenial.

“Seiring dengan pergeseran umat di era digital ini, maka orientasi ulama yang memahami kondisi kebutuhan umat sangat penting. Acara ini juga sebagai kelanjutan dari pelatihan-pelatihan mubaligh yang sudah berjalan,” katanya.

Menurutnya, tidak ada dakwah yang berhasil jika hanya dilakukan oleh satu ormas saja, tapi kerjasama antar ormas keagamaan mutlak diperlukan.

“MUI tidak akan berhasil dalam dakwah jika tidak ada kerja sama dengan Ormas lain, untuk itu mari bekerja sama melayani umat dengan hati-hati, sepenuh hati bukan setengah hati,” paparnya.

Ulama yang juga dosen itu mengingatkan agar jangan mudah terusik oleh mereka yang tidak suka dengan amannya kabupaten Jepara.

“Maka kuatkan persatuan untuk merawat umat menuju kabupaten jepara yang berintegritas.”pungkasnya.

Ustad Miqdad Turkan selaku Dewan Syuro Ahlulbait Indonesia (ABI) dan Abdun Nasir selaku ketua DPD ABI Jepara turut hadir dalam acara siang itu dan berbincang akrab dengan ketua MUI Jawa Tengah, sementara itu, tiga orang perwakilan dari DPD ABI Jepara juga turut hadir memenuhi undangan. (DarutTaqrib/ABI/Adrikna!)

http://www.ahlulbaitindonesia.or.id/berita/?p=21272

No Response

Leave a reply "MUI Jawa Tengah: Ulama Harus Menyejukan Menghindari Perseteruan"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.