Kala Anggota Tubuh Bersaksi

No comment 94 views

Kita harus senantiasa dalam kesadaran penuh dan yakin bahwa apapun yang kita lakukan selalu ada yang mengawasi dan menyaksikan, dan kelak di hari pertanggungjawaban akan ada yang memberikan kesaksian tanpa ada sedikitpun yang terlewat.

Diantara yang bersaksi dihari itu ialah anggota tubuh kita sendiri, bahkan bisa jadi kesaksian yang diberikan anggota tubuh kitalah yang paling dramatis dan menyakitkan.

Semasa di dunia anggota tubuh sepenuhnya patuh dan taat pada tuannya. Ia dikendalikan sepenuhnya oleh diri kita. Tanpa kita sadari ia seolah-olah teman yang sangat loyal dan setia, namun di Padang Mahsyar, ketika manusia dihadapkan pada pengadilan Ilahi Yang Maha Dahsyat, anggota tubuh kita akan membeberkan segala macam aib, kesalahan, dan dosa yang kita lakukan semasa hidup secara terang-terangan dan terbuka tanpa ada yang terlewat sedikit pun.

Tangan yang selama ini menjadi sahabat terdekat, yang membantu terpenuhinya segala hasrat dan keinginan, yang turut andil dalam tercapainya segala impian dan cita-cita. Atas Kuasa Allah akan membeberkan tentang kekejian, kebohongan, penghianatan, dan kemunafikan kita.

Kaki yang dahulunya loyal dan setia dilangkahkan kemana saja, berkonspirasi dengan tangan untuk mengumbar kejahatan-kejahatan yang pernah kita lakukan. Allah berfirman dalam Al-Qur’an, “ Pada hari (ketika) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.” (QS. An-Nur Ayat 24).

Setiap anggota tubuh akan memberikan kesaksiannya atas amal-amal kita di dunia. Mata akan bersaksi atas apa yang dilihatnya, telinga akan bersaksi atas apa yang didengarnya, tangan akan berkisah segala macam yang digenggam dan disentuhnya, dan kaki pun menuturkan riwayat perjalanannya secara detail dan rinci. Lantas kenapa Allah sampai sedemikian rupa memerintahkan anggota tubuh kita untuk bersaksi ?. Bukankah Allah telah menugaskan malaikat-malaikat-Nya untuk mencatat segala macam perbuatan kita mulai dari amal baik sampai amal buruk ?.

salah satu alasannya karena manusia dikenal sebagai makhluk yang paling sering membantah dan mengelak. Seperti dalam firman-Nya, “Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah.” (QS Al-Kahfi ayat 54).

Semua anggota tubuh kita bersaksi di hari perhitungan kelak manusia tidak bisa berkelit, mengelak dan membantah catatan-catatan dari para Malaikat-Nya.

Kemudian maksud ditutup atau dikuncinya mulut, bukan berarti mulut ditiadakan dalam memberikan kesaksian. Melainkan, mulut berbicara bukan lagi atas kehendak pemilik sebelumnya karena semua telah kembali kepada Allah. Dengan izin-Nya mulut dan lidah diperkenankan memberikan kesaksiannya.

Bersama lidah, tangan, dan kaki, amal-amal kebajikan ditunaikan. Bersama mereka pula kemaksiatan diselenggarakan.

Manusia bisa saja membantah dan mengelak dari catatan amalnya namun tidak kuasa lagi membantah apabila anggota tubuh sendiri yang memberikan kesaksian. Yang tersisa hanya kepasrahan menanti nasib, tidak ada lagi daya dan upaya selain keputusasaan. (DarutTaqrib/Annas/Adrikna!)

No Response

Leave a reply "Kala Anggota Tubuh Bersaksi"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.