Lima Buah Keimanan Kepada Allah

No comment 103 views

Kita sebagai seorang hamba harus meyakini dan mengimani adanya Allah sebagai Tuhan kita. Iman atas kebesaran dan keagunganNya akan membuahkan hasil dan manfaat.

Seperti apakah buah yang akan kita petik dari keimana kepada Sang Pencipta? Berikut penuturannya:

  1. Munculnya perasaan cinta dan semangat.

Seseorang akan mengetahui secara pasti bahwa seluruh perbuatan yang dilakukannya di bawah pengawasan Allah, dan dia juga meyakini bahwa perbuatannya atau amalnya tidak akan terbuang begitu saja, akan tetapi usahanya tersebut akan diganjar oleh Allah dengan surga dan ridho (kerelaan Allah).

Bahkan, sekalipun ia hanya memiliki niat baik semata dan tidak berusaha, Allah tetap akan memberikan pahala kepadanya. Seseorang yang mengetahui hal itu pasti ia akan menjalani kehidupan dengan penuh semangat dan cinta.

  1. Menjauhkan diri dari tipu muslihat, kehinaan normal, dan pelecehan hak.

Seseorang yang menyadari bahwa diri dan perbuatannya berada pada pengawasan Allah, dia tidak akan melakukan berbagai bentuk penipuan.

  1. Meraih keagungan.

Seseorang yang bersedia menjadi hambanya, tidak akan bersedia tunduk pada kekuatan lain. Ia akan memandang seluruh keberadaan selain-Nya sama seperti dirinya yaitu hanya sebagai hamba.

  1. Tidak akan melakukan pekerjaan yang merugikan.

Dikarenakan setiap perbuatan baik yang dilakukannya akan mendapatkan pahala serta ganjaran yang kekal dan abadi, ia tidak akan bersandar kepada selain kepada Allah, dan mejauhkan diri dari berbagai kecenderungan kepada selai-Nya.

  1. Merasakan ketenangan jiwa.

Penyabab munculnya rasa gelisah dan guncangan jiwa adalah tidak adanya keimanan dan keyakinan atas-Nya. Dari sini,  kita dapat menyaksikan dengan jelas bagaimana keimanan kepada Allah mampu menciptakan ketenangan dalam jiwa kita.

Tentunya iman dan yakin disini bukan sekadar ucapan belaka, akan tetapi kita terapkan dalam keseharian kita. Seperti melakukan apa yang diwajibkan bagi kita dan meninggalkan apa yang diharamkan bagi kita.

*Disadur dari buku Mencari tuhan Prof. Muhsin qiraati

(DarutTaqrib/Abu Dzar/Adrikna!)

No Response

Leave a reply "Lima Buah Keimanan Kepada Allah"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.