Kisah Allamah Majlisi Ihwal Perjalanan Kematian

Dalam buku-buku Aqidah dijelaskan bahwa kematian bukanlah akhir dari kehidupan dunia karena masih ada kehidupan lain setelah kematian yang berbeda dengan kehidupan dunia ini, yaitu alam Barzakh. Kematian hanya proses terpisahnya ruh manusia dari jasadnya.

Kematian merupakan tahap pertama menuju akhirat dan tahap terakhir di dunia, yang mana tak satupun makhluk termasuk manusia bisa menghindar dari kematian. Sebagaimana Firman Allah SWT; ” Setiap jiwa akan merasakan kematian.” (QS: Ali-Imran:185).

Seperti apakah proses sakaratul maut, keadaan alam barzah dan alam-alam lainnya yang akan dilalui mereka yang meninggal? Berikut kisah Alamah al-Majlisi, seorang ulama yang mengalamai hal tersebut dan diceritakan kembali melalui muridnya yang bernama Sayyid Nikmatullah al-Jazairi

Suatu hari, sepeninggal gurunya, beliau pergi ke kuburan sang guru. Sesampainya disana, beliau berdo’a sambil menangis, setelah itu beliau mengantuk dan tertidur di atas makan sang guru.

Dalam tidurnya, beliau bermimpi melihat sang guru berpakaian putih keluar dari kuburnya. Kemudian beliau meminta sang guru untuk menceritakan tentang kejadian sebelum dan setelah kematian.

Allamah Majlis menceritakan bahwa saat beliau sakaratul maut mengalami sakit yang amat pedih, kemudian beliau berdo’a kepada Allah agar menghilangkan rasa sakitnya. Setelah itu datanglah seorang malaikat dan duduk di samping kaki serta memegang jemari kaki beliau, maka hilanglah rasa sakit yang beliau alami.

Setelah ruh terpisah dari jasadnya, beliau melihat kerabat dekat beliau berdatangan dan menangis, padahal beliau merasa keadaannya membaik. Namun tak satupun orang yang mendengar ucapan beliau. Setelah itu, jasad beliau mulai dimandikan, dikafani, disholati dan dikuburkan.

Ketika jasad beliau mulai dimasukkan ke liang kubur, tiba-tiba terdengar suara malaikat berkata; “Wahai hamba Allah, amal apa yang telah kau persiapan hari ini?” Kemudian beliau mulai menjawab pertanyaan tersebut dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Begitulah gambaran tentang kejadian sebelum dan setelah kematian yang pasti akan dialami oleh setiap manusia.

Kisah ini dikutip dari ceramah Ustad Muhammad. (DarutTaqrib/Ali Ridho/Adrkna!).

No Response

Leave a reply "Kisah Allamah Majlisi Ihwal Perjalanan Kematian"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.