Empat Keutamaan Ali bin Abi Thalib

No comment 258 views

Ada empat hal penting sekaitan dengan kepribadian Imam Ali bin Abi Thalib, kata ustad Miqdad dalam acara peringatan kelahiran Imam Ali bin Abi Thalib semalam di pesantren Darut Taqrib Krapyak Jepara, Jumat 30 Maret 2018.

Di hadapan sekitar dua ratus hadirin, pengasuh Pesantren Darut Taqrib itu memaparkan siapa sebenarnya imam pertama bagi Syiah Ahlulbait tersebut.

Pertama, Makrifah. Kedalaman pengetahuan Imam Ali merupakan pelajaran penting yang harus digali dan diplajari oleh siapa pun. Sebagaimana yang dikatakan Imam Ali sendiri, ‘Andai tabir dibuka niscaya keyakinanku tidak akan bertambah.’

“Artinya keyakinan beliau sudah mencapai puncak sehingga apa pun yang terjadi kepada beliau tidak akan menambah keyakinanya itu.” Kata Ustad Miqdad.

Kedua, Jihad dan keberanian. Imam Ali adalah pahlawan dalam setiap medan pertempuran. Di mana ada peperangan yang putra Abu Thalib terlibat, pasti dimenangkannya.

Saat Rasulullah hijrah, imam Ali mendapat perintah untuk tidur di tempat tidur Rasulullah. Saat itu imam Ali bertanya, apakah dengan itu engkau selamat? dan Rasulul pun mengiyakan. Maka imam pun menerima tugas berat tersebut, asalkan Rasulullah selamat

Ketiga, keluhuran Akhlak. Pada saat banyak para sahabatnya sendiri yang menjadi musuh beliau baik di Perang Jamal maupun lainnya, kemudian sahabat yang menjadi musuhnya itu gugur, maka Imam Ali tidak segan untuk mensholati mereka.

Ketika akan perang Jamal melawan istri nabi, yakni Siti Aisyah, para wanita banyak yang mencela Imam Ali dan pasukannya. Para sahabat protes karena Imam Ali tidak melawan celaan mereka. Imam Ali menjawab, kita dilarang berbuat dolim kepada para wanita.

Keempat, Imam Ali selalu berbuat untuk umat. Imam senantiasa memikirkan kaum muslimin dan kemanusiaan. Beliau sering menanam pohon, menggali sumur dan memenuhi kebutuhan khalayak banyak. Imam Ali mengesampingkan ego dan kebutuhan dirinya sendiri, lebih mengutamakan orang lain.

Di akhir ceramah, Ustad Miqdad berpesan agar para orang tua mengisahkan kisah-kisah keutamaan dan keteladanan Nabi dan keluarganya. “Ceritakanlah kisah-kisah Ahlulbait kepada anak-anak dan keluarga kita agar mereka belajar nilai-nilai keutamaan yang dibangun Nabi dan Ahlulbaitnya.” (DarutTaqrib/Adrikna!)

No Response

Leave a reply "Empat Keutamaan Ali bin Abi Thalib"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.