Dr. Mashudi: Welas Asih Sifat Utama Nabi Pinilih

Kelahiran Rasulullah adalah milik siapa saja yang dalam hatinya memiliki cinta dan rindu pada sang Nabi. Kelahirannya akan senantiasa diperingati di berabgai penjuru dunia, di mushola pojok desa maupun masjid megah di kota. Nabi Muhammad Saw akan senantiasa hidup dalam hati dan keseharian para pecintanya.

Pesantren Darut Taqrib Jepara,memperingati maulid nabi agung kemarin, Ahad 3 Desember 2017. Upaya ngalap berkah dan berharap syafaat nabi Penebar Rahmat.

Pembicara pertama adalah ketua Majlis Ulama Indonesia kabupaten Jepara, KH. Dr. Mashudi, M.Ag. berikut beberapa poin yang beliau sampaikan:

  1. Wainnaka laala hulukin adim, dalam semua hal kita harus mencontoh Rasululah. Bukan hanya perkataan saja tapi dalam lingkungan keluarga dan sosial sehari-hari.
  2. Piagam Madinah yang disepakati oleh kaum Muslimin dengan Yahudi dan Nasrani kala itu, sama sekali tidak mengutamakan kaum muslimin, tapi untuk kepentingan bersama seluruh penduduk Madinah yang ada pada saat itu baik kaum Yahudi maupun Nasrani.
  3. Jangan pernah ragu memperingati maulid nabi Muhammad Saw, karena menyebut nama beliau kapan saja cocok dan sesuai  dalam kondisi apa pun. Maka sepanjang bulan mulud, Robiul Awal ini sering-seringlah menyebut nama agung beliau.
  4.  Kitab dalailu khoirot karangan Syeikh Sulaim Aljazuli, isinya tentang keutamaaan nabi Muhamad dan fadhilah-fadilah sholawat atas beliau.
  5. Berkat sholawat itu luar biasa, tirulah orang-orang sholeh yang dalam hidup mereka senantiasa menghidupkan sholawat kepada nabi muhammad Saw.  Karena sholawat adalah menyebut nabi dan juga Ahlul Bait atau  keluarga nabi yang keutamaan mereka disebutkan dalam hadis.
  6. Ulama sejati adalah mereka yang mengamalkan ilmunya, konsisten dengan pengabdiannya, responsif dengan kondisi jamannya.
  7. Rusaknya rakyat karena pemimpinnya, rusaknya pemimpin karena ulama dan rusaknya ulama karena lebih mencintai dunia, kedudukan dan harta.
  8. Cinta kepada Rasulullah harus maksimal sedangkan kepada selalinnya janganlah berlebihan. Kadar cinta kepada Rasulullah adalah barometer cinta seseorang kepada Allah Swt.
  9. Sifat utama sang nabi adalah roufurrohim, welas asih. Sifat inilah yang sekarang hilang dari tengah masyarakat. (DarutTaqrib/Adrikna!)
No Response

Leave a reply "Dr. Mashudi: Welas Asih Sifat Utama Nabi Pinilih"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.