Malam ketujuh; Mengenal Dua Pahlawan Karbala

p1030110Karbala adalah tempat dimana dari peristiwa yang terjadi memunculkan para pahlawan yang menegakkan agama Allah Swt.

Lalu siapakah pahlawan yang paling berpengaruh di dalam peristiwa Karbala?

Habib Ali al Athos dalam acara Asyuro malam ke tujuh di Hauzah Darut Taqrib membahasnya. Pahlawan yang paling berpengaruh dalam peristiwa Karbala adalah Zainab dan Abu Fadl Abbas.

Berikut paparan singkat Habib Ali terkait sejarah dan peran dua pahlawan tersebut.

Zainab binti Ali bin Abi Tholib a.s
Zainab adalah buah hati Imam Ali dan Sayyidah Fatimah as. yang lahir pada tanggal 5 Jumaddil ula 5H/627M. Saat beliau lahir Imam Ali kebingungan dalam memberi nama putrinya tersebut.

Kemudian beliau membawa putrinya itu ke hadapan Rasulullah saw. Rasulullah berkata pada Imam Ali “Aku tidak akan memberi nama anak ini kecuali Allah Swt sendiri yang memerintahkannya padaku.”

Tak lama kemudian malaikat Jibril datang untuk menyampaikan wahyu, ia berkata “Ya Rasulallah, Allah Swt memerintahkanmu untuk memberi nama anak ini dengan nama Zainab.” Kemudian Rasulullah memberi nama anak tersebut dengan nama Zainab sesuai perintah Allah Swt.

Sayyidah Zainab as bukan hanya sebagai cucu Rasul dan putri dari seorang washi nabiNya, akan tetapi ia adalah penegak keadilan sepeninggal kakaknya, al Husain. Beliau adalah pemberantas kedholiman melalui ceramah ceramahnya pasca peristiwa Karbala.

Abu Fadl Abbas.
Abul Fadhl Abbas adalah pemuda Bani Hasyim yang paling unggul. Dialah pemegang panji-panji pasukan Imam Husain as. Dialah lambang kesetiaan dan namanya akan senantiasa dikenang, dihargai dan dihormati untuk selamanya.

Ibu Abbas adalah Ummul Banin, berasal dari suku yang terkenal kegigihan dan keberaniannya. Ummul Banin menikah dengan Imam Ali dan dikarunia empat orang putra. Putra pertamanya adalah Abbas.

Pada hari asyura, putra-putra Ummul Banin mempertaruhkan hidup mereka dengan cara terhormat dan mulia sehingga sampai detik hari ini pun darah mereka yang tertumpah di padang Karbala memunculkan generasi-generasi pejuang Islam. Nama mereka terukir indah sepanjang sejarah Islam. (DarutTaqrib/Alisajjad)

No Response

Leave a reply "Malam ketujuh; Mengenal Dua Pahlawan Karbala"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.