Malam Ketiga, Mengenal Tujuan Utama Gerakan Imam Husain di Karbala

photo491169690172893238Apa yang mendorong Imam Husain melawan Yazid? apakah Imam mempertimbangkan akibat dari perlawanan beliau? Apakah beliau tahu jika akan terbunuh begitu juga seluruh sahabat dan keluarganya? Apakah Imam tidak mempertimbangkan bahwa perempuan dan anak-anak akan dijadikan tawanan?

Itulah pertanyan-pertanyaan diawal ceramah Ustad Miqdad Turkan pada acara malam ketiga Muharram 1438 H, di Masjid Imam Mahdi Darut Taqrib Jepara, Selasa 4/10.

Di hadapan sekitar lima puluh hadirin, ustad Miqdad menerangkan alasan dan gerak pendorong Imam Husain menuju Karbala. Berikut paparan yang beliau sampaikan;

Gerakan Imam Husain tidak bisa dikatakan memberontak kepada pemerintahan yang sah, karena Yazid bukan penguasa yang sah dan adil bagi kaum Muslimin saat itu. Gerakan Imam Husain lebih pas disebut tsauroh, atau revolusi melawan penguasa dzalim.

Gerakan manusia berdasarkan dua hal:
– Kepentingan materi dan keinginan-keinginan pribadi, seperti harta, jabatan dan lain lain.
– Dorong keimann kepada Allah atau dorongan agama.

Dalam perang Uhud Rasulullah Saw memerintahkan sebagian sahabat berada di atas bukit untuk mengawasi dan melawan musuh dari atas. Namun setelah kaum Muslimin mencapai kemenangan, mereka yang ditempatkan diatas turun demi berebut rampasan perang,

Akhirnya, musuh berbalik menguasai bukit dan keadaan pun berbalik. Kaum muslimin terdesak karena musuh menyerang dari atas. Ini contoh bagaimana kepentingan materi lebih diutamakan dari pada perintah Rasulullah, lebih mengutamakan tujuan duniawi dari pada iman.

Gerakan Imam Husain bukanlah merebut posisi khilafah dan kekuasaan Yazid. Karena tujuan utama gerakan Imam Husian adalah keimanan dan bukannya duniawi.photo491169690172893239

Ada tiga tujuan utama imam menuju Karbala;
– Ishlah, pembenahan umat
– Menegakan kebenaran
– Menegakan keadilan.

Gerakan Imam Husain adalah gerakan yang penuh strategi dan perhitungan. Misinya bukan misi bunuh diri, di mana 72 pasukan melawan ribuan musuh. Tapi gerakan Imam adalah tujuan ilahiah, maka yang diharapkan adalah apa yang diharapkan Allah. Gerakan yang membuatnya abadi dan dikenang sepanjang sejarah.

Memang, kemenangan Husaini bukan kemenangan fisik, karena Imam terbunuh begitu juga semua sahabatnya. Namun kemenangan Husaini adalah terbangunnya kesadaran umat saat itu hingga akhir jaman sampai kita saat ini. (DarutTaqrib/Adrikna!)

No Response

Leave a reply "Malam Ketiga, Mengenal Tujuan Utama Gerakan Imam Husain di Karbala"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.