Malam Pertama, Muharram Bulan Memperbaharui Bait kepada Rasulullah

photo491169690172893239Salah satu peristiwa besar dalam Islam adalah peristiwa yang menimpa cucunda Rasulullah Saw, Imam Husain di bulan Muharram. Untuk mengenang peristiwa itu, pengikut Ahlul Bait mengadakan majlis-majlis kesedihan di berbagai tempat.

Begitu pula yang dilakukan para pengikut Ahlul Bait di Jepara, salah satunya acara yang diselenggarakan di Hauzah Ilmiah Darut Taqrib, tepatnya diadakan di Masjid Imam Mahdi. Acara rutin yang diadakan tiap tahun selama sepuluh malam itu, dimulai malam Ahad, 2/10.

Ceramah yang disampaikan Ustad Miqdad Turkan, membuka cakrawala pemikiran hadirin tentang kemuliaan dan kebesaran Ahlul Bait Nabi, hak mereka dan kewajiban umatnya.

Selepas ceramah dilanjutkan dengan pembacaan singkat peristiwa Asyura. Peristiwa yang menyayat hati tersebut, tak ayal membuat para hadirin yang mendengarkan menitikan air mata. Turut larut dalam narasi kesedihan dan berbela sungkawa atas peristiwa duka keluarga Nabi Saw.

Berikut adalah hikmah-hikmah yang disampaikan oleh ustad Miqdad Turkan:
1. Bulan Muharram adalah bulan untuk memperbaharui baiat umat kepada Rasulallah Saw.
2. Kita mencintai Nabi Saw dikarenakan Rasulullah memilki peran sangat penting dalam Islam. Oleh karna itu, mencintai keluarga Nabi adalah hak bagi beliau Saw yang harus dipenuhi umatnya.
3. Keluarga Rasulullah adalah manusia-manusia yang dipilih langsung oleh Allah Swt. Maka sesiapa yang menentang mereka, sama saja dengan menentang Allah dan NabiNya.
4. Ahlul Bait bukan hanya sekedar untuk dicintai dan dihormati, akan tetapi Nabi Saw menginginkan agar mereka dijadiakan pemimpin menggantikan Nabi sepeninggalnya.
5. Nabi Muhammad bukan hanya sebagai penyampai risalah, akan tetapi beliau adalah pemimpin seluruh umat manusia. Oleh karna itu harus ada pemimpin yang yang sah setelah beliau dan pemimpin yang sah setelah beliau tentunya Ahlul Bait, sebagaimana meraka telah dipilih langsung oleh Allah Swt.
6. Kita mencintai Ahlul Bait adalah untuk mengikat hubungan kita dengan mereka dan upaya memperbarui baiat terhadap Ahlul Bait kenabian Saw. (DarutTaqrib/AliSajjad/Annas)

No Response

Leave a reply "Malam Pertama, Muharram Bulan Memperbaharui Bait kepada Rasulullah"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.