Makna Merdeka

No comment 709 views

IMG-20160818-WA0004Karya Santri : Ali Sajjad Alhinduan

(Pemenang lomba makalah santri HUT RI 71)

Merdeka adalah kata yang sering kita dengar saat menyinggung penjajahan. Tapi, apakah arti kemerdekaan hanya sebatas terbebas dari para penjajah? Tulisan ini mencoba mendedah makna kemerdekaan secara lebih luas.

Kemerdekaan adalah suatu emosional diri untuk terbebas dari semua kesusahan dan tekanan. Kemerdekaan adalah hak setiap makhluk hidup, baik di alam materi ataupun non materi.

Yang dicari dari sebuah kemerdekaan bukanlah kebahagiaan, akan tetapi kesejahteraan. Jika hanya sebatas kebahagiaan semata, niscaya kita tertawa saja itu sudah cukup masuk kategori dari kemerdekaan. Makanya mencari kesejahteraan itu lebih susah bahkan sangat susah. Belum tentu mereka yang hidup bahagia bersamaan dengan sejahtera, namun meraka yang sejahtera sudah pasti bahagia.

Kemerdekaan bukan hanya milik sebagian kelompok atau golongan tertentu saja, melainkan seluruh umat manusia berhak dan wajib untuk merasakan kemerdekaan.

Secara kasat mata bebas dari penjajah saja sudah cukup disebut dengan merdeka, akan tetapi secara penglihatan hati yang disebut merdeka adalah keteraturan, keseimbangan dan keadilan dalam hidup. Dirinya bebas menentukan pilihan hidupnya.

Jika kemerdekaan hanya sebatas kebahagiaan dan bukan kesejahteraan, maka para pencari kebahagiaan akan menjadi singa yang mencabik-cabik kesejahteraan untuk kesenangan jiwa-jiwa mereka sendiri.

Maka, jika kita ingin kemerdekaan yang abadi, kita harus membangunkan jiwa-jiwa yang buta nan tuli agar terbuka mata dan telinga mereka. Turut merasakan dan menegakkan kesejahteraan atas nama kemerdekaan.

Sayangnya,di jaman ini manusia di dunia seperti menolak kesejahteraan dan hanya mencari kebahagiaan.

Buktinya adalah banyaknya pengangguran, kemiskinan dan peperangan yang tak kunjung usai. Padahal mansia sebagai makhlu sosial sejatinya tidak akan pernah merasa merdeka maupun sejahtera jika masih ada saudara-saudaranya dalam kesusahan. Jika tidak, manusia tidak layak mendapat disebut sebagai makhluk sosial.

Di tahun ini bangsa Indonesia menginjak usia 71 tahun, namun apakah arti dari kemerdekaan hakiki sudah kita rasakan? ternyata belum. Kemerdekaan bangsa ini masih ternodai dengan masih merajalelanya pengangguran dan kemiskinan.

Oleh karena itu, mari kita isi kemerdekaan Indonesia yang ke 71 ini dengan kegiatan sosial, peduli kepada sesama. Karena dengan itu kemerdekaan bangsa ini akan tarcapai saat sesama anak bangsa saling peduli. Apabila kita tidak abai kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan, sikap itu bisa mempererat tali persaudaraan secara nasional maupun internasional. (Daruttaqrib/Adrikna!)

No Response

Leave a reply "Makna Merdeka"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.