Lima Tanda Orang Bertakwa

No comment 1006 views

IMG_6241Segala sesuatu memiliki tanda dan ciri. Dengan tanda-tanda itulah sesuatu dikenali. Jika hanya sekedar pengakuan tanpa ada pembuktian maka bohong belaka.

Begitu juga orang-orang bertakwa memiliki ciri dan tanda, tanda-tanda inilah yang membuktikan apakah seseorang itu bertakwa ataukah tidak.

Dalam surat Ali Imran disebutkan lima ciri orang-orang yang bertakwa ini.

ٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلۡقَٰنِتِينَ وَٱلۡمُنفِقِينَ وَٱلۡمُسۡتَغۡفِرِينَ بِٱلۡأَسۡحَارِ

“(Orang yang bertakwa itu ialah) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.” QS. Ali Imran: 17.

Pertama, Sabar dalam menghadapi kesulitan, sabar dalam meninggalkan perbuatan dosa dan sabar dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban agamanya.

Kedua, selalu benar baik dalam perkataan maupun perbuatannya.

Ketiga, selalu rendah hati dan tidak sombong kala menjalankan ketaatan padaNya, dan tidak pernah merasa lebih baik dari yang lain.

Keempat, rajin bersedekah dan menginfakkan rezeki yang Allah berikan kepadanya.

Kelima, bermunajat diwaktu fajar dan senantiasa meminta ampunan Allah. Karena waktu sahur adalah waktu terbaik untuk berdoa. Imam Jafar as menyebutkan, bahwa maksud dari meminta ampunan di waktu sahur adalah istighfar tujuh puluh kali dalam qunut shalat witir. (DarutTaqrib/Adrikna!)

*Disarikan dari buku Poin-poin Penting Al Quran.

No Response

Leave a reply "Lima Tanda Orang Bertakwa"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.