Inilah Jumlah Peziarah Sunan Kudus Dan Muria Tiap bulannya

DSCN1365Jumlah peziarah dua makam wali di Kudus sangat fantastis. Tidak heran jika Kudus menjadikan wisata religi sebagai unggulan.

Data yang dikantongi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, di makam Sunan Muria mencapai 821.062 orang peziarah per bulan. Sedangkan untuk Sunan Kudus yaitu 1.039.768 orang per bulannya.
Hal itu diungkapkan Kepala Disbudpar melalui Kasi Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Jami’an. Menurutnya, hingga kini kedua lokasi wisata religi masih menjadi andalan untuk wisata di Kudus.

“Tidak dapat dipungkiri kalau Kudus memang dikenal dengan keberadaan makam Sunan Kudus dan Sunan Muria. Dua Walisongo itu, terdapat di Kudus. Tidak heran jika makam itu selalu mampu menyedot banyak wisatawan,” kata Jami’an, Jumat (18/3).

Bahkan, selain dikenal sebagai Kota Kretek, Kudus juga dikenal dengan kota yang religius. Untuk Sunan Kudus, dikenal dengan peninggalkannya yang disebut Menara Kudus. Sedangkan untuk Sunan Muria, dikenal pula dengan keindahan alam pegunungan Muria.

Jumlah kunjungan tersebut diangap besar sehingga perlu ditingkatkan lagi. Untuk itulah pemerintah pusat sampai berencana membangun tanda wisata religi di Kudus, mengingat wisatawannya yang tidak pernah surut.

“Peninjauan lokasi susah dilakukan, dan memang dari pemerintah pusat sedang meningkatkan wisata religi sebagai wisata yang tidak pernah surut,” imbuhnya. (DarutTaqrib/Adrikna!)

Fantastis, Ini Jumlah Peziarah Makam Sunan Muria dan Sunan Kudus Per Bulan

No Response

Leave a reply "Inilah Jumlah Peziarah Sunan Kudus Dan Muria Tiap bulannya"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.