Catatan Sang Kiyai: Jangan Menyerah Menghadapi Keadaan

10176088_1107445589267785_5890870373019722814_nOleh Ustad Miqdad Turkan

ان مع العسر يسرا

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” QS. Ash sarh: 6

Konon ada seorang bijak membawa sejumlah uang sedang berjalan sendirian di jalan yang sepi. Tanpa diduga, tiba-tiba mucul seorang pencuri dan langsung menodongkan pistolnya sembari berkata: “Serahkan semua hartamu atau aku bunuh kau!”

Orang bijak itu terkejut dan segera menyerahkan uang yang dibawanya, sambil berkata: “Kalau aku ceritakan kepada istriku bahwa uangku hilang karena dicuri, pasti tidak percaya. Oleh karena itu, tolong lobangilah topiku ini dengan pelurumu biar istriku percaya kalo uangku benar-benar dirampok.”

Sekali tembakan, topi orang bijak itupun berlobang.

Orang bijak itu berkata lagi: “Istriku pasti akan menganggap diriku pengecut karena menyerahkan uang kepada pencuri yang hanya mampu melobangi sebuah topi. Oleh sebab itu, tolong lobangilah mantelku ini dengan peluru-pelurumu sehingga aku bisa bercerita kepada istriku seakan aku benar-benar duel dengan pencuri sebelum aku menyerahkan uang kepadanya.”

Tanpa berbicara, sang pencuri langsung mengeluarkan tembakan bertubi-tubi ke arah mantel hingga seluruh pelurunya habis: “Maaf tuan, semua peluruku sudah habis tanpa ada yang tersisa.”

Secepat kilat orang bijak itu menangkap tangan sang pencuri sambil mengancam: “Serahkan semua yang ada padamu atau aku hajar kau hingga babak belur.”

Sang pencuri pun ketakutan dan menyerahkan semua uang yang dicurinya, lalu lari terbirit-birit meninggalkannya.

Hikmah dibalik ceita:
Kawan, tantangan hidup ini sangat kuat dan keras. Jangan menyerah menghadapi keadaan, sebab di balik setiap yang kuat terdapat titik lemah. Carilah titik lemah itu, untuk kemudian menghadapinya.

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” Firman Allah dalam Al Quran.

Selamat berjuang dan semoga sukses, kawan!

No Response

Leave a reply "Catatan Sang Kiyai: Jangan Menyerah Menghadapi Keadaan"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.