Tenaga Kerja Asing Diprediksi Serbu Jepara

777749_tugukartiniDinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Jepara mengendus Kota Ukir bakal diserbu tenaga kerja asing. Salah satu faktornya karena banyak berdiri perusahan milik asing (PMA) di Jepara. Diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimungkinkan akan kian banyaknya tenaga kerja asing dari negara Asean masuk ke Jepara.

Hal tersebut disampaikan Pengawas Tenaga Kerja pada Dinsosnakertrans Jepara, Muktiati. Saat ini tercatat sebanyak 200 tenaga kerja asing yang secara resmi bekerja di Jepara. Ratusan tenaga kerja tersebut berasal dari China dan Korea Selatan. Mereka bekerja di industri milik asing yang bergerak di bidang furnitur, tekstil dan lainnya. Sebab perusahaan asing yang ada di Jepara memang didominasi dari kedua negara tersebut.

“Serbuan tenaga kerja asing ke Jepara mulai nampak peningkatnya sejak tahun lalu. Hal ini sejalan dengan mulai beroperasinya perusahaan asing di Jepara yang dimulai tahun itu,” kata dia.

Pihaknya meyakini jumlah tenaga kerja asing di Jepara jumlahnya lebih banyak. Sebab banyak pula yang bekerja secara ilegal atau tanpa ijin mempekerjakan tenaga kerja asing (IMTA). Hal ini sesuai dengan temuan Kantor Imigrasi Pati beberapa waktu lalu.

Sementara ini, ratusan tenaga kerja asing tersebut bekerja sebagai tenaga ahli. Mereka masih menduduki posisi-posisi tertentu di PMA, seperti quality control. ”Belum ada yang berkerja sebagai pekerja kasar,” kata dia.

Kondisi tersebut bakal berbeda di tahun-tahun mendatang. Dimungkinkan perusahan-perusahan asing yang bergerak di sektor industri garmen akan mengambil juga buruh asing yang memiliki etos kerja tinggi dan memiliki kedekatan budaya dengan pemilik perusahaan.

Muktiati menambahkan, kondis tersebut harus diantisipasi. Menurutnya, guna meningkatkan daya saing tenaga kerja lokal dengan tenaga kerja asing, perlu adanya sertifikasi profesi kepada pekerja. Selain itu, keterampilan tenaga kerja juga perlu ditingkatkan dengan lebih banyak memberikan pelatihan. (DarutTaqrib/suaramerdeka/Adrikna!)

No Response

Leave a reply "Tenaga Kerja Asing Diprediksi Serbu Jepara"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.