Pentingnya Pelestarian Lingkungan Hidup Menurut Rahbar

rahbarAyatullah al-Udzma Sayid Ali Khamenei, Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran dalam pidatonya di depan para pejabat dan aktivis di bidang perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup, di Tehran, ibukota Iran, Ahad (8/3) menekankan perlunya perencanaan yang serius, manajemen yang baik dan upaya terus-menerus untuk menangani persoalan lingkungan hidup seperti polusi udara, penjarahan hutan dan polusi debu.

Rahbar mengatakan, perlindungan lingkungan hidup adalah bagian dari tugas pemerintah melalui penyusunan dokumen nasional lingkungan hidup untuk semua proyek pembangunan dan industri.

Menyinggung pandangan Islam mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan kekayaan alam didalamnya, Ayatullah Sayid Ali Khamanei mengatakan, “Islam dan agama-agama Ilahi lainnya menegaskan urusan menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga hubungan yang baik antara manusia dan alam sekitarnya karena penyebab utama dari kerusakan alam dan berbagai masalah yang ditimbulkannya adalah juga berasal dari ulah tangan-tangan manusia yang mengabaikan kondisi lingkungan.”

Menurutnya persoalan lingkungan hidup adalah persoalan yang dihadapi semua Negara di dunia. Beliau berkata, “Dengan melihat pengalaman berbagai Negara dalam usahanya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan dalam mengatasi kerusakan lingkungan, maka hal ini menunjukkan bahwa persoalan yang dihadapi Iran mengenai lingkungan hidup, insya Allah dapat juga diatasi.”

Dengan mencontohkan keberhasilan mengatasi polusi udara di sejumlah kota melalui program penghijauan dan pembuatan taman-taman kota, Rahbar mengatakan, “Persoalan ini, dengan kesabaran, konsisten dan kehati-hatian insya Allah dapat teratasi.”

Ayatullah Khamenei lebih lanjut menekankan bahwa masalah lingkungan tidak berada dalam lingkup pemerintahan tertentu, individu atau politik, tetapi merupakan sebuah “subjek nasional” yang membutuhkan upaya bersama. “Karena itu antara pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat harus bekerjasama dan bahu membahu dalam menyelesaikan persoalan lingkungan hidup ini.” ungkapnya.

“Untuk mengatasi persoalan lingkungan hidup seperti polusi udara, polusi debu, kurangnya sumber mata air dan lain-lain, maka ajakan untuk turut menjaga kelestarian lingkungan harus terus digalakkan dan dijalani lebih serius.” tambahnya lagi.

Ayatullah Ali Khamanei menyayangkan masih terusnya terjadi aktivitas warga yang menjarah hutan dan menebang pohon-pohon diberbagai kota khususnya dibagian utara Iran yang menurutnya merupakan tindakan yang dapat merugikan secara nasional dimasa mendatang jika tidak segera dihentikan. Menurutnya aksi pengrusakan lingkungan hidup harus dianggao sebagai sebuah pelanggaran berat. “Pemerintah harus lebih serius menjaga kelestarian lingkungan utamanya menjaga hutan dari eksplorasi yang berlebihan. Pembangunan kota seperti pembangunan hotel, tempat-tempat wisata, fasilitas publik dan sebagainya tetap berjalan tanpa harus mengorbankan dan merusak kelestarian alam.” pesannya.

“Sanksi berat harus bisa diberikan kepada siapapun yang melanggar kesepakatan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Aktivitas warga yang dapat mencemari dan merusak lingkungan harus segera dihentikan. Sikap lalai dan acuh terhadap persoalan ini dapat menimbulkan masalah yang lebih besar dikemudian hari.” lanjutnya.

Pertemuan Pemimpin Besar Revolusi Islam tersebut dengan para pejabat dan aktivis di bidang perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup dalam rangka menandai Pekan Sumber Daya Alam yang telah dimulai pada tanggal 6 Maret.

Di Iran, secara resmi tanggal 5-12 Maret dinamakan sebagai Pekan Sumber Daya Alam Iran. (Darut Taqrib/Abna/Adrikna)

 

No Response

Leave a reply "Pentingnya Pelestarian Lingkungan Hidup Menurut Rahbar"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.