Tolak ISIS, Dua Anak Baashir Hengkang dari JAT

baasyirDua anak terpidana kasus terorisme yang sekarang masih mendekam di penjara berkeamanan maksimum, Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan, Cilacap, Abu Bakar Baashir, memilih meninggalkan kelompok Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) bentukan ayahnya.

Pilihan itu ditetapkan setelah keduanya menolak untuk berbaiat pada kawanan Negara Islam Irak dan Syam (ISIS), demikian ungkap The Jakarta Post, Rabu (13/8).

Abdul “Iim” Rohim dan Rosyid Ridho kemudian membentuk sebuah kelompok jihad saingan yang diberi nama “Jamaah Ansharusy Syariah” (JAS). Peristiwa ini sekaligus menggangsir posisi lama Baashir sebagai pemimpin spiritual jaringan teror di Indonesia, kata The Jakarta Post.

“Ayah kami telah mengatakan bahwa siapapun yang menolak mendukung ISIS harus mundur,” kata Iim kepada surat kabar itu. “Sedih untuk mengatakan, kami berada di antara mereka yang melihat bahwa kehadiran kami [di JAT] tidak lagi diinginkan.”

JAS sesumbar telah memiliki 2000 anggota di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Bengkulu. Kebanyakan dari mereka meninggalkan JAT karena menolak bergabung dengan ISIS, kata surat kabar yang berbasis di Jakarta itu.(DarutTaqrib/IslamTimes/Reza)

No Response

Leave a reply "Tolak ISIS, Dua Anak Baashir Hengkang dari JAT"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.