Hidayah Dalam al Fatihah (Kajian Hari Keenam)

ramadan_kareem_7-otherPada hari ke-6 Ramadhan, Ust. Muhammad Ali selaku pemateri membahas  surat Al-Fatihah, terutama sekaitan dengan ayat ”ihdinasirothol mustaqim”.  Berikut poin-poinnya.

–          Surat Al-Fatihah adalah salah satu surat  yang utama dalam al Quran, karena hamper setiap shalat surat tersebut dibaca.

–          Surat al al fatihah separuh awal untuk Allah dan separuh akhirnya lagi untuk manusia.

–          Arti  bismillah dalam surat Al-Fatihah beda dengan basmalah pada surat yang lain, karena setiap surat memiliki makna bismillah yang sesuai dengan suratnya masing-masing.

–          Ayat “ihdinassirothol mustaqiim”memiliki arti berilah kami (hidayah) jalan yang lurus. Meski kita sudah muslim namun kita diajari agar selalu meminta kepada Allah agar tetap selalu diberi jalan yang lurus itu.

–          Hidayah adalah sesuatu yang dengannya manusia  mencapai tujuannya, Allah taala.

–          Hidayah artinya petunjuk dari Alloh agar kita selalu menuju Allah. Sebagian dari maksud “ihdi” dalam al fatihah adalah Karena manusia berasal dari-Nya, maka dalam kehidupan ini pun kita selalu minta untuk  tetap menuju Allah dan bisa kembali (mati) kepada Allah dengan status hamba yang di ridhoi.

–          Manusia selalu meminta untuk diberi hidayah dan permintaan hidayah itu sendiri merupakan hidayah tersendiri dari Alloh. Karena manusia tidak ada yang bisa lepas tanpa  hidayah-Nya.

–          Hidayah sendiri selalu menyatu pada diri hamba-Nya, jika hamba tersebut selalu menjaga hidayah yang pertama, karena hidayah itu hidup dan berkembang sesuai perkembangan positif jiwa sang hamba.

–          Bulan ramadhan adalah bulan hidayah yang hidayahnya melebihi  bulan-bulan yang lain. Dalam doa setelah shalat di bulan Ramadhan, kita  meminta supaya bisa melakukan ibadah Haji dan diajari agar merindukan Rasulullah SAW.  Ini merupakan bentuk hidayah yang sangat indah.

–          Semakin manusia menjaga hidayah yang dimiliki, maka dia akan selalu membutuhkan hidayah yang besar lagi. Sebaliknya juga, barang siapa tak berpegang teguh dengan hidaya Allah SWT makan hidayah tersebut akan sirna dan mungkin saja akan hilang. (DarutTaqrib/yusuf/Adrikna!)

No Response

Leave a reply "Hidayah Dalam al Fatihah (Kajian Hari Keenam)"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.