Kajian Ramadhan hari Ketiga

1 comment 709 views

Qadr105_2Seperti biasanya,  agenda pesantren Darut Taqrib di bulan suci Ramadhan adalah mengadakan taklim berupa kajian yang dilakukan setiap sore menjelang buka puasa.

Berikut poin-poin penting dari ceramah ustad Alam Firdaus yang disampaikan pada hari ketiga:

–          Berpuasa bukanlah hanya sekedar  menahan haus dan lapar, tetapi juga harus berpuasa batiniah atau yang berhubungan dengan jiwa. Karena jika hanya berpuasa menahan haus dan lapar artinya hanya puasa raga, yang hanya dimiliki oleh para pecinta dunia.

–          Puasa melancarkan dikabulkannya sebuah do’a oleh Allah SWT,  maka  doakanlah orang-orang beriman supaya malaikat ikut serta mendo’akn para pendo’a.

–          Di bulan suci Ramadhan harus lebih sering membaca Al-Qur’an dan memperkuat hubungan dengan Ahlul Bait, sebagaimana perintah Rasulullah Saww untuk berpegang teguh dengan al Quran dan Ahlul Bayt. Karena jika seseorang hanya berpegang kepada Al-Qur’an saja dan tidak disertai Ahlul bait, maka bagaikan kertas yang tidak ada gunanya. Begitu juga sebaliknya, jika hanya mempriotaskan Ahlul bait saja, bagaikan bolpoin yang tidak disertai kertas untuk menulis.

–          Al-Qur’an harus dipahami dengan Ahlul bait, bukan dengan menggunakan takwil dan tafsir pribadi. Sebab kandungan al Quran hanya diketahui oleh Nabi serta Ahlul baitnya yang suci. Al-Qur’an adalah kitab yang berbentuk tulisan sedangkan Ahlul bait Nabi adalah Al-Qur’an yang berjalan. (DarutTaqrib/yusuf/Adrikna!)

 

One Response
  1. author

    Cerna7 years ago

    saya masih agak repot kalo kandungan al qur’an hanya diketahui oleh Nabi dan ahlu baytnya?ada kesan hanya untuk individu saja? bukankah al qur’an diturunkan untuk umat islam semua, dan sepaham pahamnya buat umat islam? saya jadi tambah tidak paham al qur’an ???

    Reply

Leave a reply "Kajian Ramadhan hari Ketiga"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.