Keutamaan Bulan Sya`ban

No comment 424 views

syaabanRasulullah Saw bersabda: “Wahai ahli Madinah, aku adalah Rasul dari Rasul-rasul yang diutus Allah untuk kalian. Ketahuilah, bulan Sya’ban adalah bulanku, maka Allah SWT akan memberikan rahmatNya kepada siapa yang menolongku di bulanku, yaitu berpuasa pada bulan tersebut.”

Sya’ban adalah bulan yang sangat mulia, yang dinisbatkan kepada penghulu para Anbiyah Muhammad Saw, dan Nabiullah Muhammad Saw mengisi bulan tersebut dengan melakukan puasa yang disambung dengan bulan Ramadhan. Beliau Saw bersabda, “Sya’ban adalah bulanku,  dan barangsiapa yang berpuasa satu hari pada bulanku, surge diwajibkan atasnya. Diriwayatkan pula dari Imam Ja’far Shadiq as, begitu memasuki bulan Sya’ban imam Zainal Abidin as mengumpulkan sahabatnya dan bertanya kepada mereka, “Tahukah kalian, bulan apa ini?”.

“Bulan ini adalah bulan Sya’ban dan Nabiullah Muhammad Saw bersabda bulan Sya’ban adalah bulanku, karenanya untuk mendapatkan kecintaan dari Nabi dan untuk mendekatkan diri pada Allah, berpuasalah pada bulan ini. Aku bersumpa atas nama Zat yang jiwa Ali bin Al Husain berada di tanganNya bahwa saya mendengar dari ayahku Husain bin Ali as yang berkata, aku mendengar dari Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as setiap puasa yang engkau lakukan dalam bulan Sya’ban maka engkau akan mendapatkan kecintaan dari Nabi Allah dan mendekatkanmu pada sisi Allah SWT. Allah mencintainya dan mendapat perlindungan di hari kiamat dan wajib baginya surga.”

Diriwayatkan dari Shafwan Jamaal yang berkata, Imam Ja’far Shadiq as berkata kepadaku, “Barang siapa diantaramu yang berpuasa pada bulan Sya’ban maka muliakanlah.” Saya bertanya, “Saya menjadi penebusmu, apakah karena didalamnya ada keutamaan?”. Beliau berkata, “Iya. Sebagaimana Nabi Muhammad Saw begitu melihat hilal pada bulan Sya’ban maka beliau menyerukan kepada penduduk Madinah, “Wahai ahli Madinah, aku adalah Rasul dari Rasul-rasul yang diutus Allah untuk kalian. Ketahuilah, bulan Sya’ban adalah bulanku, maka Allah SWT akan memberikan rahmatNya kepada siapa yang menolongku di bulanku, yaitu berpuasa pada bulan tersebut.”

Kemudian imam Ja’far Shadiq menambahkan sebagaimana yang diriwayatkan dari ayahnya yang bersambung sampai kepada Amirul Mukminin as yang berkata, “Sejak saya mendengarkan seruan Rasulullah tersebut di bulan Sya’ban, saya tidak meninggalkan sekalipun puasa di bulan Sya’ban dan tidak akan meninggalkannya sampai akhir hayatku, insya Allah.”

Kemudian beliau berkata, bulan Syaban dan bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan pengampunan Ilahi.(DarutTaqrib/Abna/Adrikna!)

No Response

Leave a reply "Keutamaan Bulan Sya`ban"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.