Berbuat Baik Pada Sesama Akan Memperpanjang Usia

323833Ustad Akhlak termasyhur Iran, Almarhum Ayatullah Mujtaba Tehrani dalam salah satu kelas akhlak yang pernah diasuhnya semasa hidupnya pernah menyampaikan syarah hadits dari Imam Musa Kazim as sebagai berikut:

رُوِیَ عَن مُوسَی بنِ جَعفَرٍ (عَلَیهِمَا السَّلَامُ) قَالَ: «مَنْ صَدَقَ لِسَانُهُ زَکَى عَمَلُهُ وَ مَنْ حَسُنَتْ نِیَّتُهُ زِیدَ فِی رِزْقِهِ وَ مَنْ حَسُنَ بِرُّهُ بِإِخْوَانِهِ وَ أَهْلِهِ مُدَّ فِی عُمُرِهِ».

Diriwayatkan Musa bin Ja’far (salam atasnya) pernah berkata kepada Hisyam bin Hakam: Wahai Hisyam. Setiap kamu berkata benar, amal baikmu mengalami peningkatan dan mensucikan amalanmu. Dan setiap kamu berniat baik, rezekimu akan bertambah dan setiap kamu berbuat baik kepada saudara dan keluargamu, usiamu akan bertambah.

«صدقِ لسان» artinya adalah seseorang yang terikat tidak akan berkata dusta dan setiap pembicaraannya mengandung kebenaran dan kejujuran. «زَکَى» memiliki dua makna, yaitu meningkatkan dan mensucikan. Setiap perkataan jujur seseorang memberikan bekas pada amalnya. Yaitu dia akan cenderung melakukan peningkatan pada amal kebaikannya dan perbuatan-perbuatan sebelumnya akan disucikan dengan kejujurannya itu. Yaitu keburukan yang pernah dilakukannya tidak memberi efek pada kondisi spritualnya jika ia perbaiki dengan melakukan kejujuran.  

«وَ مَنْ حَسُنَتْ نِیَّتُهُ زِیدَ فِی رِزْقِهِ»، Jika seseorang dalam hatinya selalu berniat melakukan amal kebajikan dan senantiasa berprasangka baik, maka itu menyebabkan rezekinya akan bertambah. Yaitu, seseorang yang menyibukkan dirinya dengan meniatkan untuk melakukan perbuatan baik sehingga dalam hatinya tidak lagi terpikirkan –nauzubillah- meskipun sekedar berniat melakukan keburukan dan amalan keji.  Dalam hatinya yang ada hanya ketaatan kepada Allah SWT. Maka barangsiapa yang senantiasa berniat melakukan amalan kebaikan maka Allah akan menambah rezeki untuknya.

Banyak amalan yang disebutkan mampu memancing bertambahnya rezeki, diantaranya, syukur nikmat. Dalam al-Qur’an disebutkan, «لَئنِ شَکَرْتُمْ لَأَزِیدَنَّکُمْ» Jika kamu mensyukuri Nikmat Allah, maka akan ditambahkan bagimu nikmat Allah. Maksud dari syukur nikmat adalah kesyukuran dalam hati, jadi tidak harus diucapkan dengan lisan seperti Syukran Lillah ataupun Alhamdulillah, sebagaimana dalam hadits Imam Musa Kazim as yaitu cukup dengan keinginan hati untuk melakukan kebaikan, itu sudah cukup untuk menjadi alasan bagi Allah untuk menambahkan nikmatNya.

«وَ مَنْ حَسُنَ بِرُّهُ بِإِخْوَانِهِ وَ أَهْلِهِ مُدَّ فِی عُمُرِهِ» siapun yang melakukan kebaikan kepada saudaranya seagama dan keluarganya, maka efeknya adalah umurnya akan diperpanjang. Oleh karena itu ada tiga hal, yaitu kejujuran lisan yang membawa dampak positif pada amal, kebaikan niat yang akan menambah rezeki dan perbuatan baik kepada siapapun akan menjadi penyebab panjangnya umur.(DarutTaqrib/Adrikna/Adrikna!)

No Response

Leave a reply "Berbuat Baik Pada Sesama Akan Memperpanjang Usia"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.