Peringatan Malam Tasu’a

No comment 751 views

Malam ke-9 (malam Tasu’a) (22/11)

Pada malam ini, majlis aza’ imam Husain di Jepara difokuskan di Ponpes Darut-taqrib Jepara. Adalah ustadz Alam Firdaus yang menjadi pembicara. Beliau menegaskan bahwa malam sembilan adalah malamnya Abu Fadhl Abbas, sehingga beliau membahas keutamaan-keuramaan adik imam Husain ini.

~. Satu-satunya yang kita butuhkan ketika menghadapi kematian adalah syafaat dari Ahlulbayt as.

~. Ketika membicarakan Abu Fadhl Abbas, tentu kita tak bisa melupakan Ummul Banin, ibunya yang merupakan istri imam Ali bin Abi Thalib.

~. Salah satu keutamaan Abu Fadhl Abbas adalah ketatapan hatinya yang luar biasa. Dalam surat al-an’am, kita dapati bahwa Allah berfirman bahwa ada dua tipe keimanan; mustaqarrun (tetap) dan mustauda’ (titipan). Ada orang yang memiliki iman mustaqarrun, ada juga yang memiliki iman mustauda’.

~. Tak ragu lagi, Abu Fadhl Abbas memiliki iman yang mustaqarrun.

~. Abu Fadhl dan Syimr Dzil Jausyan berasal dari kabilah yang sama. Suatu kali Syimr meminta Abbas keluar dari barisan imam Husain, karena ia tak ingin membunuh saudara sekabilahnya. Meski mendapatkan perlindungan semacam ini, Abu Fadhl dengan tegas lebih memilih bersama imam Husain as meski harus mati.

~. Maka, jangan hanya dalam iman saja kita teguh, tapi dalam apapun selama kita yakin bahwa hal itu diridhoi Allah, maka jangan pernah meninggalkan hal itu.

~. Satu hal yang harus diperhatikan adalah ketaatan dan kemantapan Abu Fadhl Abbas terhadap imam Husain bukan karena imam Husain adalah kakak Abu Fadhl, tapi Abu Fadhl melihat imam Husain sebagai imam yang wajib ditaati.

~. Selain ketetapan hati, keutamaan Abu Fadhl Abbas adalah keberanian beliau yang tiada tertandingi.

~. Semenjak kecil, Abu Fadhl sudah menunjukkan sifat pemberani dalam dirinya.

~. Dalam perang Shiffin, Abbas bin Ali bin Abi Thalib as ini masih belasan tahun, namun sudah ikut berperang dan berhasil menewaskan banyak musuh.

~. Kenapa musuh memutus tangan Abu Fadhl? Karena selama Abu Fadhl Abbas memegang pedang, maka ia tak akan bisa dikalahkan.

~. Bukti lain bahwa Allah telah memberikan keutamaan kepada Abu Fadhl di dunia ini adalah bahwa beliau memiliki makam tersendiri, di tepi sungai Furat. Sedangkan sahabat-sahabat imam Husain yang lain dikuburkan bersama-sama dalam satu kuburan. Beliau memiliki haram tersendiri, dan tentu ziarah tersendiri. (DarutTaqrib/Farazdaq/Adrikna!)

No Response

Leave a reply "Peringatan Malam Tasu’a"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.