147 Petuah Rasulullah saw Kepada Abu Dzar (21-30)

Petuah 21
Wahai Abu Dzar, sebenarnya jiwa dan hati orang mukmin lebih keras berguncang atas dosa dari pada seekor burung kecil yang dijerat perangkap.
Petuah 22
Wahai Abu Dzar, siapa yang kata-katanya selaras dengan perbuatannya, sesungguhnya ia meraih keuntungan. Siapa yang kata-katanya menyalahi perbuatannya, sesungguhnya ia malah mencaci dirinya ketika pembagian pahala.
Petuah 23
Wahai Abu Dzar, seorang lelaki diharamkan rezekinya karena dosanya yang ia lakukan.
Petuah 24
Wahai Abu Dzar, tinggal apa yang tidak ada apa apa dan jangan bicara tentang apa yang tidak berguna bagimu, dan jagalah lidahmu seperti engkau menjaga uangmu.
Petuah 25
Wahai Abu Dzar, sesungguhnya Allah yang maha agung akan memasukkan satu kelompok ke surga, kemudian ia diberi makanan sehingga kenyang. Di atasnya ada lagi kelompok yang berada dalam derajat paling tinggi, jika mereka melihatnya dan mengetahuinya lalu mereka berkata, “tuhan kami, itu adalah kawan kawan kami, kami bersama di dunia, kenapa engkau utamakan mereka?” maka dijawab,”tidaklah demikian! Mereka lapar ketika kalian kenyang, dan mereka kehausan ketika kalian (puas) minum, dan untuk tuhan mereka pergi keluar ketika kalian sedang istirahat.”
Petuah 26
Wahai Abu Dzar, Allah yang mahamulia menjadikan salat sebagai cahaya mataku, dijadikan aku mencintai salat seperti orang lapar mencintai makanan dan orang haus mencintai air. Orang lapar jika makan kenyang dan orang haus jika minum tidak harus lagi, tapi aku tidak kenyang dengan salat.
Petuah 27
Wahai Abu Dzar, sesunguhnya Allah swt mengutus Isa bin Maryam dengan sifat kebiarawanan dan mengutusku dengan agama yang suci dan mudah. Dan aku dijadikan mencintai wanita, harum-haruman dan cahaya mataku diletakkan kepada salat.
Petuah 28
Wahai Abu Dzar, setiap orang yang sukarela melakukan salat 12 rakaat di setiap harinya di luar sholat wajib, maka ia berhak mendapatkan rumah di surga.
Petuah 29
Wahai Abu Dzar, selama kamu masih dalam keadaan salat kamu sedang mengetuk pintu malik Jabbar. Dan siapa yang banyak mengetuk pintu raja akan dibukakan kepadanya.
Petuah 30
Wahai Abu Dzar, seorang manusia mukmin ketika melakukan salat akan ditaburi kebaikan antara langit dan arasy dan malaikat diberi amanat untuk menyeru, ”wahai anak adam, kalau engkau tahu apa yang ada dalam salat-salat dan dengan siapa engkau bermunajat, maka engkau tidak akan menghentikannya.”
Bersambung…
(DarutTaqrib/Farazdaq/Adrikna!)
No Response

Leave a reply "147 Petuah Rasulullah saw Kepada Abu Dzar (21-30)"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.