Peringatan Haul Ustadz Sofyan ats-Tsauri, Salah Satu Pendiri Ponpes Darut Taqrib

Malam itu (25/9) terlihat beberapa ikhwan, termasuk para habaib, memasuki Ponpes Darut Taqrib. Sedangkan para santri yang kebanyakan menggunakan baju koko putih terlihat sudah berada di Masjid Imam Mahdi afs, tempat dilaksanakannya peringatan haul (wafat) tokoh Ahlulbayt Jepara Ustadz Sofyan ats-Tsauri.

Adalah Ustadz Miqdad Turkan yang menjadi pembicara dalam peringatan malam itu. Setelah membaca tahlil bersama-sama yang dipimpin oleh Habib Ali bin Alwi Alattas, Ustadz Miqdad yang juga merupakan rekan Ustadz Sofyan mulai bercerita tentang sosok penyabar itu.

Ustadz Sofyan adalah salah satu perintis berdirinya ponpes Darut Taqrib. Beliau adalah tokoh yang disegani di Jepara, baik oleh Ahlussunnah maupun Ahlulbayt. Ustadz Sofyan dikenal sebagai sosok yang penyabar. Ustadz Miqdad mengisahkan bahwa beliaulah yang seringkali ‘mendinginkan’ suasana ketika para pendiri ponpes Darut Taqrib mulai bersitegang dalam rapat. Dedikasi Ustadz yang asli Jepara ini juga luar biasa. “ketika ponpes Darut Taqrib masih ngontrak di Saripan, Ustadz Sofyan ats-Tsauri-lah yang sering membangunkan para santri di waktu Subuh” kenang Ustadz Miqdad di sela-sela pembicaraannya.

Ustadz Sofyan meninggal di awal-awal pembangunan ponpes Darut Taqrib yang berlokasi di desa Krapyak ini.

Setelah mengenang dan menjelaskan pribadi mulia Ustadz Sofyan, Ustadz Miqdad lantas melanjutkan pembicaraannya seputar kehidupan setelah kematian. Ada beberapa poin menarik yang didapati para santri dan para ikhwan yang hadir dalam majlis tersebut. Di antaranya ialah diriwayatkan bahwa di malam Jum’at, para arwah akan mendatangi rumah masing-masing untuk meminta kebaikan (pahala) dari sanak saudaranya. Jika keluarganya tak memberi mereka apa-apa, maka mereka akan kembali ke kuburan dalam keadaan sedih tak terperikan. Sebaliknya, jika arwah-arwah tersebut mendapatkan kebaikan (pahala) dari keluarganya, maka mereka akan sangat berbahagia. Oleh karena itu Rasulullah saw menghimbau kepada kita agar senantiasa memberi hadiah kepada para arwah dengan cara bersedekah atas nama arwah tersebut dan berdoa bagi kebaikan mereka. (DarutTaqrib/Farazdaq/Adrikna!)

No Response

Leave a reply "Peringatan Haul Ustadz Sofyan ats-Tsauri, Salah Satu Pendiri Ponpes Darut Taqrib"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.