Seputar Al-Mahdi afs

No comment 946 views

Al-mahdi. Mungkin semua muslim sudah pernah mendengar nama yang satu ini. Dialah simbol harapan manusia “messias” yang menurut Rasulullah saww akan mengubah wajah dunia dari kelemah-lesuan karena banyaknya maksiat di muka bumi ini menjadi wajah yang cerah berseri karena keadilan yang terjamin di seluruh penjurunya.

Sekarang kita akan melihat ‘ramalan’ Rasul saww tentang Al-mahdi ini.

1. Rasulullah saww bersabda “meskipun masa keberadaan dunia ini telah habis dan hanya tersisa satu hari sebelum hari kiamat tiba, Allah akan memperpanjang hari itu hingga waktu tertentu untuk menegakkan kerajaan orang yang berasal dari ahlul-baytku yang akan dinamai dengan namaku. Ia akan mengisi dunia ini dengan kedamaian dan keadilan sebagaimana dunia ini akan dipenuhi ketidak-adilan dan penindasan setelahnya”(Shahih Tirmidzi, jld 2, hal 86; Al-majma’ oleh At-thabrani, hal 217; As-sawaiq al-muhriqah oleh Ibnu hajar, bab 11, bag. 1, hal 249)

 

2. Nabi saww bersabda “dunia ini tidak akan hancur hingga seorang lelaki dari kalangan bangsa arab yang namanya sama denganku muncul” (Shahih Tirmidzi, jld 9, hal  74)

Lantas siapakah Al-mahdi itu?

1.Ummu salamah ra mengutip Rasulullah saww bersabda “Mahdi adalah dari ahlulbaytku dan keturunan Fathimah as” (Sunan Ibnu Majah, kitab al-fitan, vol 2, hal 1368, no. 4076; Sunan Abi dawud, kitab al-mahdi, no. 3735)

2. ada riwayat yang dicatat oleh Qunduzi dalam kitabnya Yanabi al-mawaddah       dari sanad Abu sa’id alkhudri berkata “Rasulullah sakit keras. Fathimah mendatanginya ketika aku sedang berada di sana. Melihat Rasulullah saww yang lemah, Fathimah menangis tersedak. Rasulullah pun menepuk pundak Fathimah dan berkata “Mahdi adalah dari keturunan Husain. Salam atasnya semua”( Yanabi al-mawaddah vol 3, hal 394)

Apakah Al-mahdi sudah lahir?

Ya, Beliau lahir pada tanggal 15 sya’ban 255h/869m di Samarra’ Irak.

Haaa..?! bagaimana mungkin Al-mahdi bisa berumur ribuan tahun, sekitar 1141 tahun(dari 869-2010m)?

Tahukah Anda bahwa nabi Nuh as menjadi nabi selama 950 tahun?(Q S al-ankabut:14)

Apakah Anda tidak percaya kalau nabi  Khidr as masih hidup sampai sekarang? Berapakah umurnya? Anda yakin kalau Nabi Isa as masih hidup dan akan turun lagi kebumi kan? Lantas kenapa Al-mahdi tidak bisa seperti Nabi Isa as? Bukankah Al-mahdi adalah imam sholat Nabi Isa as?(shahih muslim, bag.2, hlm 193; musnad Ahmad bin hanbal, jld 3, hlm 45,384; sawaiq al-muhriqah oleh Ibnu hajar, hlm 251)

Yang berarti Al-mahdi mempunyai kedudukan yang lebih tinggi? Jadilah maka jadilah!

Lantas dimanakah Al-mahdi sekarang?

Pertama, Imam Mahdi as menghilang pada tahun 260h/874m ketika beliau diangkat menjadi imam. Dan terakhir kali beliau terlihat di gudang rumah ayahnya di Samarra (Irak). Akan tetapi ini tidak berarti beliau berada di sana sekarang.

Imam Mahdi as kadang-kadang berada di suatu tempat dan melakukan perjalanan mengelilingi dunia, sama seperti keyakinan kita tentang nabi Khidr as. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat Kasyful gummah oleh Abul hasan al-irbili jilid 3, hal. 283 atau Kasf al-astar oleh Mirza Husain an-nuri hal, 210-216.

Kedua, mengenai kegaiban imam Mahdi as, Qur’an tidak mengatur kegaiban sama sekali. Sekali lagi contoh Nabi Isa as dan Nabi Khidr as adalah contoh yang mirip dengan Al-mahdi afs(‘ajjalallahu farajahu asy-syarif). Semuanya berjalan sesuai dengan kehendak Allah ‘azza wa jalla.

BIODATA SINGKAT

Nama lengkap : Muhammad bin hasan bin ali bin muhammad bin ali bin musa bin

ja’far bin muhammad bin ali bin husain bin ali bin abi thalib as

nama panggilan (laqob) : Al-qoim( orang yang akan menegakkan aturan Allah);

al-hujjah(bukti Allah); Shahib al-zaman(pemilik zaman kita);

al-muntadzar(yang dinanti)

Nama ayah      : Hasan bin Ali Al-askari as

Nama ibu         : Narjis (cucu kaisar Romawi)

TTL                 : Samarra’ Irak, 15 sya’ban 255h/869m

Satu lagi, Kapan beliau akan muncul?

Pertama, imam Mahdi as akan muncul setelah umat siap menerimanya. Sepanjang sejarah umat manusia tidak pernah siap menyambut para nabi atau imam. Mereka lebih memercayai ideologi yang mereka buat sendiri daripada ideologi yang telah ditetapkan Allah untuk makhluk-Nya. Ketika semua manusia sudah kecewa dan putus asa dari semua ideologi mereka, barulah mereka akan siap menerima Imam Mahdi as dan beliau akan datang.

Kedua, imam Mahdi as akan datang ketika ia memiliki 313 pembantu dari orang-orang yang paling dekat dengan Tuhannya. Kita semua tahu bahwa pemerintahan tidak akan bisa berjalan kalau hanya satu orang yang mengaturnya. Setiap presiden memiliki menteri begitu juga imam Mahdi as membutuhkan orang-orang yang terpercaya.

namun yang jadi pertanyaan adalah apakah kita sudah siap menyambut imam Mahdi as?

Oleh karena itu, Ayo kita mulai mempersiapkan kedatangan pemimpin kita Shohibuz-zaman afs dengan mulai melakukan apapun yang baik untuk diri kita dan lingkungan sekitar. APAPUN! Labbaika ya Mahdi al-muntadzar..!! (DarutTaqrib/Farazdaq/Adrikna!)

No Response

Leave a reply "Seputar Al-Mahdi afs"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.