Reportase Muharram 1433 H: Malam 6

No comment 526 views

Malam ke-6 (01/11-12)

              Pada malam ke-6 ini, para hadirin menimba ilmu tentang Imam Husain as dari Sayyid Husain Musawa. Meski singkat, pembahasan beliau sarat ilmu dan fakta-fakta menarik. Seperti :

 Pada zaman jahiliyah, peradaban bangsa Arab jauh lebih maju dibanding bangsa Eropa ataupun lainnya. Namun, akhlak bangsa arab sungguh buruk. Contohnya, membunuh anak wanita hidup-hidup, membuat berhala dari kurma yang kemudian dimakan jika lapar, dst

 Maka diutuslah Rasul saw yang dengan sedikit demi sedikit merubah akhlak mereka.

 Namun, setelah Rasul saw wafat, bangsa Arab mulai kembali ke zaman jahiliyah. Mereka mulai meninggalkan rahmat Rasulullah.

 Di zaman Muawiyah, islam mulai diporak-porandakan. Ahlubayt ditinggalkan. Di zaman Yazid pun demikian. Hingga akhirnya masuklah khurafat-khurafat yang dibawa oleh orang-orang Yahudi, karena Yazid, selaku pemimpin islam di masa itu, bersahabat dekat dengan orang-orang yahudi.

 Imam Husain –dengan darah sucinya- mampu menjaga islam yang telah dirusak oleh Yazid.

 Ahlulbayt adalah bahtera penyelamat. Dan bahtera Imam Husain adalah yang paling cepat dan paling besar.

 Allah telah menyiapkan maqom khusus untuk Imam Husain as yang hanya bisa diraih dengan syahadah. Maqom ini adalah maqom syafaat.

 Maka, kita bisa mendapatkan syafaat Imam Husain as ketika kita menghidupkan majlis Imam Husain as.

Setelah ceramah inti, acara dilanjutkan dengan pelantunan maktam dan pembacaan maktal. Suasana haru kembali menyeruak. Tangisan tak dapat ditahan. Derai airmata bercucuran di malam gelap itu. Dengan cahaya lilin yang redup, para hadirin menitihkan airmata karena derita keluarga Nabi di padang gersang Karbala yang begitu menyayat. Semoga tangis ini bisa menjadi bukti cinta kita kepada Imam Husain as. Acara kemudian ditutup dengan doa ziarah yang dipimpin oleh Sayyid Ja’far Shodiq Assegaf. (DarutTaqrib/alamsyah/@drikna!)

No Response

Leave a reply "Reportase Muharram 1433 H: Malam 6"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.