Reportase Muharram 1433 H: Malam 3

No comment 563 views

Malam ke-3 (28/11-11)

              Pada malam ke-3 ini, giliran Ustadz Sayyid Hasan Musawa yang membagikan ilmu beliau kepada para hadirin. Dengan agenda acara yang sama, yakni ceramah inti dan dilanjutkan dengan pelantunan maktam serta pembacaan maktal, Ustadz memulai ceramah beliau dengan membaca shalawat sya’baniyyah secara bersama-sama, kemudian menjelaskan beberapa hal menarik, seperti :

 Maksumin memerintahkan kita untuk senantiasa memperingati syi’ar-syiar Ahlulbayt.

 Semua imam tidak memiliki rasa dendam sedikitpun.

 Hadits Rasul yang mengatakan bahwa ‘Husain dariku dan aku dari Husain’ bermakna semua karakter Rasul saww turun pada Imam Husain as.

 Maka, majlis ini janganlah hanya sekedar seremonial saja. Kita dituntut untuk bisa meniru, semampu kita, orang-orang yang kita peringati.

 Karena, makna syiah adalah ‘menolong’ dan ‘mengikuti’

Setelah menyampaikan beberapa hal diatas, Ustadz kemudian menjelaskan bahwa kita harus bisa mengenal ‘apa’ dan ‘siapa’. Artinya, ketika mengenal Rasul saww kita harus bisa mengerti ‘apa itu Rasul. Konsep apa yang dibawa Rasul’ dan ‘siapa itu Rasul. Bagaimana kepribadian beliau’. Dengan mengenal ‘apa’ dan ‘siapa’ -yang menurut Ustadz tak dapat dipisahkan- kita bisa terhindar dari pola pikir yang salah. Karena, ‘siapa’ bisa saja mati, maka kita harus mengenal ‘apa’nya.

 (DarutTaqrib/alamsyah/@drikna!)

No Response

Leave a reply "Reportase Muharram 1433 H: Malam 3"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.