China: “jangan menganggap rendah kami”

“China melakukan suatu kebijakan pertahanan sebagai bagian pertahanan alamiah dan bukan bertujuan melakukan ancaman pada negara lain,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Hong Lei saat ditanya mengenai percobaan terbang tersebut.

Media pemerintah China pada Selasa memuat foto yang menunjukkan penerbangan awal pesawat tempur siluman pertama negara itu, bersamaan dengan kunjungan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates ke Beijing.

Foto yang dipublikasikan di laman kantor berita Xinhua dan surat kabar Global Times dan disebut diambil oleh penggemar penerbangan menunjukkan kemungkinan penerbangan pesawat tempur J-20 di atas kota sebelah barat daya Chengdu.

Menurut berita yang dikutip dari saksi mata, pesawat melakukan percobaan terbang selama 15 menit sebelum mendarat.

Pada pekan lalu China mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menyelesaikan purwarupa pesawat tempur siluman pertamanya yang memperlihatkan laju modernisasi militer Beijing.

Kementerian Pertahanan China tidak langsung memberikan komentar.

“China melakukan suatu kebijakan pertahanan sebagai bagian pertahanan alamiah dan bukan bertujuan melakukan ancaman pada negara lain,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Hong Lei saat ditanya mengenai percobaan terbang tersebut.

Andrei Chang, kepala Pusat Informasi Kanwa yang mengawasi perkembangan militer China mengatakan bahwa penerbangan adalah “uji awal” dan bukan uji komprehensif oleh angkatan udara China.

“Pesawat tempur masih perlu melakukan banyak uji terbang serius lainnya,” kata Chang kepada AFP.

Hal yang lebih penting, keterbukaan China mengenai pesawat tersebut menunjukkan tingkatan baru transparansi militer oleh negara itu yang dikenal keras menjaga rahasia hubungan politik dan militernya, katanya.

“Terdapat dua alasan mengapa mereka mengumumkan hal ini, satu untuk menggetarkan musuh dan yang lain untuk transparansi,” kata Chang.

Sangat jarang bagi media China untuk mempublikasikan berita mengenai militer atau urusan sensitif lainnya tanpa restu pejabat terkait.

“Mereka ingin menunjukkan kekuatan mereka kepada AS, untuk memberitahukan warga Amerika, terutama Gates agar `jangan menganggap rendah kami’,” katanya.(DarutTaqrib/IslamTimes/sa)

One Response
  1. author

    fuad9 years ago

    cukup bagi mukminin seorang RAHBAR yang kehebatannya melebihi apa yang dibutuhkam umat manusia.

    Reply

Leave a reply "China: “jangan menganggap rendah kami”"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.