Cina Tekan Israel Hormati Konvensi Internasional

Pemerintah Cina meminta Rezim Zionis Israel untuk mematuhi konvensi internasional. Hal ini disampaikan Jurubicara Departemen Luar Negeri Cina, Hong Lei saat mengkritik keputusan terbaru parlemen Israel yang meratifikasi isu penarikan serdadu rezim ini dari wilayah pendudukan.

“Keputusan ini bertentangan dengan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sikap Israel juga tidak dapat menutupi realita bahwa Baitul Maqdis timur dan Dataran Golan adalah wilayah jajahan,” ungkap Lei dalam sebuah wawancaranya seperti dilaporkan IRNA Sabtu (27/11).

Ia menandaskan bahwa negaranya meminta Israel menghormati serta mematuhi resolusi PBB dan ketentuan internasional. Lei menambahkan, friksi yang ada hanya dapat diselesaikan jika Israel mematuhi konvensi internasional dan perundingan damai pun harus digelar berdasarkan asas ini.

Parlemen Israel (Knesset) baru-baru ini meratifakasi draf yang menentukan penarikan pasukan rezim ini dari bumi al-Quds timur dan Dataran Tinggi Golan harus disetujui oleh dua pertiga anggota Knesset. Namun jika tidak maka masalah ini akan diputuskan melalui referendum.

Rezim Zionis sejak tahun 1981 memasukkan Golan ke dalam wilayah Palestina pendudukan. Israel mencaplok Golan sejak tahun 1967. keputusan Knesset ini mendapat penentangan keras dari negara regional khususnya Suriah dan Palestina. (daruttaqrib/irib/sa)

No Response

Leave a reply "Cina Tekan Israel Hormati Konvensi Internasional"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.