HIKDMAT, Relawan Merapi

No comment 595 views

Pada tanggal 12 – 14 November, HIKDMAT (Himpunan Komunitas Peduli Umat) Jepara, memberangkatkan anggotanya sebagai relawan untuk korban bencana meletusnya korban Merapi, Jogjakarta.

Tim HIKDMAT bekerjasama dengan KAUTSAR, Semarang yang sebelumnya sudah ada di lokasi yaitu di dusun Sukowati desa Seloboro kecamatan Salam, Magelang dan membangun posko untuk menyalurkan bantuan sembako juga terapi kesehatan untuk korban bencana.

Tugas tim HIKDMAT  kali ini adalah membebaskan pasilitas umum yang terisolir karena tumbangnya pohon-pohon yang tertimpa debu vulkanik Merapi sehingga tidak bisa delewati dan dipergunakan sebagaimana semestinya. Maka peralatan yang  dibawa adalah segala perkakas yang biasa digunakan untuk menebang pohon.

Pada hari pertama, Jum`at 12 November membersihkan lokasi SMK Negri 1 Salam yang luas. SMK ini merupakan salahsatu dari tujuh SMK terbaik sejawa Tengah. Di sekolah ini hampir dipastikan tidak ada pohon yang berdiri utuh, semuanya tumbang, padahal di gerbang masuk tertulis selamat datang di kampus hijau, tapi sekarang menjadi kampus berdebu dan memerlukan waktu lama untuk bisa dipergunakan kembali.

Pada hari kedua, membersihkan Masjid agung An Nur dan pemakaman umum  Seloboro. pada hari kedua ini HIKDMAT bekerjasama dengan penduduk setempat, mahasiswa dan PLN. Berhubung hari itu, PLN mau memperbaiki instalasi listrik yang lumpuh akibat pohon dan bambu yang memutuskan jalur listrik.

Tugas tim HIKDMAT selanjutnya adalah pada hari ketiga, membereskan pohon-pohon yang menghancurkan sekolah TK dan TBM (Taman Bacaan Masyarakat) yang masih di lokasi kecamatan Salam. Tempat bermain anak-anak yang sebelumnya rindang dan teduh oleh pohon rambutan dan durian yang tinggi dan lumayan besar, kini hancur dan tertutup debu yang lumayan pekat.

Setiap pagi selalu diawali dengan shalat subuh berjamaah, ta`qib dan doa `ahd, juga peregangan otot sebelum beraktifitas.

Terbayang kegembiraan dan rasa bahagia ketika tugas-tugas kecil yang diembankan kepada HIKDMAT selesai dilaksanakan. Memang tidak banyak yang bisa dilakukan, tapi paling tidak berusaha berbuat untuk sesama walau sekecil apapun. Semoga dimasa depan akan semakin banyak hal yang bisa dilakukan. (darut-taqrib)

No Response

Leave a reply "HIKDMAT, Relawan Merapi"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.