Profil TPQ al Hasanain

4 comments 1042 views

Melihat kondisi masyarakat khususnya masyarakat desa Guyangan yang sangat kurang terhadap pendidikan khususnya pendidikan Islam menjadi dasar bagi para pemuda yang tergabung dalam wadah IKPI (Ikatan Pemuda Islam) untuk menggagas sebuah ide pembentukan lembaga pendidikan Diniyah Ahlul Bayt.

Tepatnya di bulan Dzulhijjah tahun 2003 lembaga pendidikan ini didirikan. Lembaga diniyah yang saat itu bertempat di rumah Ust. Nur Alim ini disambut hangat oleh warga masyarakat, hal ini terbukti dari minat masyarakat untuk memberikan tanggung jawab pendidikan kepada lembaga ini dengan adanya kurang lebih 60 anak dari 10 anak pertama yang mendaftar di lembaga diniyah ini.

Dengan fasilitas dan sarana serta prasarana yang ala kadarnya serta dengan menggunakan dua lokal ruang tamu dan satu kamar yang dijadikan kelas, kegiatan pendidikan diniyah tersebut dilakukan. Program pengajaran pendidikan di lembaga ini berupa pendidikan Al Qur’an, Sejarah, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Fiqih, Aqidah dan Akhlak yang diampu oleh pengajar setempat. Selama satu tahun, kegiatan pendidikan ini berjalan. Sehingga dalam majlis tawassul di daerah setempat, memusyawarahkan untuk pembuatan gedung. Dan Alhamdulillah ada sebidang tanah yang diwakafkan. Pada bulan Sya’ban tahun 2004, Madrasah Diniyah ini mulai dibangun. Berkat bantuan dari warga setempat, tahun 2005 bangunan madrasah diniyah ini telah berdiri dengan 3 lokal ruang kelas.

Meskipun keadaan gedung saat itu yang masih belum di tembok sempurna dengan berlantaikan tanah, kegiatan pendidikan dipindah ke gedung yang baru, yang semula bertempat di rumah Ust. Nur Alim. Walaupun beralaskan tikar, antusias anak-anak untuk datang dan belajar disana sangat tinggi.

Pada akhirnya, di bulan Asyuro 1428 H ada pelatihan Guru Diniyah Ahlul Bait di Pandaan Jawa Timur. Dengan tekaduntuk memajukan lembaga pendidikan ini, sebagian pengajar mengikuti pelatihan selama 5 hari. Dengan bekal pelatihan tersebut, akhirnya teman-teman lulusan Al Hadi Pekalongan dan juga sebagian warga masyarakat dikumpulkan dan disampaikan hal-hal yang telah diterima di pelatihan tersebut. Akhirnya mereka bersepakat untuk komitmen memajukan lembaga pendidikan tersebut. Penyempurnaan gedung madrasah juga dilaksanakan pada saat itu juga. Pemasangan keramik, pembuatan kamar mandi dan pembenahan program-program pengajaran disesuaikan dengan apa yang telah didapat di pelatihan tersebut yakni menggunakan sistem Multiple Intelegence.

  1. Visi

a) terwujudnya generasi Al Mahdi penerus risalah Ahlul Bait yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi dalam memasuki percaturan global.

b) terciptanya anak didik untuk dapat menjadi kader Ahlul Bait yang berkualitas.

  1. Misi

a) mengembangkan dan meningkatkan potensi putra-putri pengikut Ahlul Bait generasi penerus risalah Ahlul Bait dengan meletakkan dasar-dasar keyakinan dan keislaman sebagai upaya mewujudkan generasi Al Mahdi yang berkualitas yang memiliki keyakinan yang benar dan kokoh, kecintaan yang tulus terhadap Rasul dan Ahlul baitnya, akhlak yang mulia, wawasan dan keahlian yang tinggi, serta sadar akan kewajiban-kewajibannya dalam hubungannya dengan Allah swt dan antar sesama manusia dan lingkungannya.

b) Menyelenggarakan lembaga diniyah ahlul bait secara terpadu dan sistematis dengan mengembangkan potensi-potensi dasar / fitrah peserta didik, dan mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial.

IV. Tujuan Umum

    1. Keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT
    2. patriotisme dalam membela kebenaran dan keadilan
    3. Kecintaan kepada Rasul dan Ahlul Baytnya
    4. Wawasan keislaman dan ketrampilan hidup
    5. kepekaan sosial dan kepemimpinan

V. Tujuan Khusus

a) Menumbuhkembangkan potensi-potensi dasar / fitrah peserta didik

b) Mengaktualisasikan potensi dasar kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosialnya melalui proses secara terpadu dan sistematis.

c) Membentuk peserta didik yang mempunyai pengetahuan diniyah ahlulbait.

  1. Sasaran

Sasaran utama dari madrasah diniyah ini adalah :

1. Siswa-siswi SD / MI

2. Siswa-siswi SMP / Madrasah Tsanawiyah

3. Siswa-siswi SMA / Madrasah Aliyah

4. Masyarakat sekitar desa Guyangan

X. Program-program

A. Jangka Pendek

1. Pendidikan diniyah level I

2. Pendidikan diniyah level II

3. Pendidikan Bahasa Inggris

4. Pendidikan Komputer

B. Program Berkala

1. Training guru berkala

2. Training pembentukan kader

3. Mengadakan peringatan wiladah dan syahadah para imam

4. Peringatan maulid nabi

C. Program Sosial

1. Pembagian sembako

2. pembagian alat tulis

3. Santunan anak yatim

4 Responses
  1. author

    Aldy ahmad9 years ago

    Semoga keberadaan tpq menambah kecerdasan generasi penerus khususnya masyarakat sekitar dan masyarakat islam umumnya dan semoga Allah memberikan kekuatan kpd para ustadnya untuk tetap berjuang amin…

    Reply
    • author
      Author

      Darut Taqrib9 years ago

      syukron Akhi, insyaallah doa antum penyemangat kami.

      Reply
  2. author

    ummi9 years ago

    trus semangat ya…… ahsan..

    Reply

Leave a reply "Profil TPQ al Hasanain"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.