Amalan Malam Ramadhan

No comment 629 views

Ramadhan Kareem

Pertama: Mengakhirkan berbuka sampai waktu Isya’, kecuali bagi yang tidak mampu atau yang ditunggu oleh orang-orang lain.

Kedua: Berbuka dengan makanan dan minuman yang tidak subhat. Terutama berbuka dengan kurma agar pahala shalatnya dilipatgandakan 400 kali. Berbuka yang terbaik adalah dengan kurma atau buah-buahan yang manis, dan air yang hangat.

Ketiga: Membaca doa berbuka puasa.
Keempat: Membaca surat Al-Qadar ketika berbuka.
Kelima: Bersedekah ketika hendak berbuka, memberi buka puasa pada orang-orang yang berpuasa walaupun dengan sebiji kurma atau seteguk air.Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya orang yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa, ia memperoleh pahala tanpa mengurangi pahalanya, dan dengan memberi makanan itu ia akan memperoleh pahala kebaikan yang ia lakukan.”

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Sesungguhnya seorang mukmin yang memberi makanan kepada mukmin yang lain di bulan Ramadhan, Allah akan mencatat baginya seperti pahala orang yang memerdekakan tiga puluh budak yang mukmin, dan doanya akan diterima di sisi Allah swt.”

Keenam: Membaca surat Al-Qadar seribu kali setiap malam.
Ketujuh: Membaca surat Ad-Dukhan, surat ke 44, kalau tidak memberatkan.
Kesembilan: Membaca doa pengampunan dosa setiap malam.
Kesepuluh: Membaca doa haji, seperti yang disebutkan sebelumnya (doa haji1, di bagian doa umum)
Kesebelas: Membaca doa Iftitah setiap malam Ramadhan.
Kedua belas: Membaca doa Permohonan menjadi orang yang sholeh
Ketiga belas: Membaca doa haji (di bagian doa malam-malam Ramadhan)
Keempat belas: Membaca doa berikut ini:

“A’ûdzu bijalâli wajhikal karîm ay yanqadhiya ‘annî syahru ramadhân, aw yathlu’al fajru min laylatî hâdzihi, wa laka qibalî tabi’atun aw dzanbun tu’adzdzibunî ‘alayhi”.

Aku berlindung dengan keagungan wajah-Mu yang mulia dari berlalunya bulan Ramadhan dan terbitnya fajar malam ini sementara keburukanku atau dosaku yang mengharuskan siksa-Mu belum Engkau ampuni.

Kelima belas: Melakukan shalat sunnah yang manfaatnya untuk menghapuskan tujuh puluh ribu keburukan. Di dalam suatu riwayat disebutkan bahwa orang yang melakukan shalat ini, Allah akan mengampuni tujuh puluh ribu keburukannya. Caranya lihat pada “Shalat untuk menghapuskan 70.000 keburukan”.

Keenam belas: Di dalam hadis disebutkan bahwa orang yang membaca surat Al-Fat’h, surat ke 48, setiap malam di bulan Ramadhan dalam shalat sunnah, ia akan terjaga dalam setahun.

Ketujuh belas: Melakukan shalat seribu rakaat. Dan ketahuilah bahwa shalat seribu rakaat termasuk amalan yang utama di malam-malam bulan Ramadhan. Caranya lihat di bagian “Shalat seribu rakaat”.
(Mafâtihul Jinân: bab 2, pasal 3)

No Response

Leave a reply "Amalan Malam Ramadhan"

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.