Peringatan Malam Nisfu Syaban dan Milad Imam Mahdi Afs.

Malam Nisfu (15) sya`ban adalah malam utama setelah malam lailatul Qodr, hamba-hamba Allah menghidupkan malam itu dengan dzikir, doa dan amalan-amalan lainnya yang disunahkan. Para pecinta Ahlul Bait as, disamping menghidupkan malam itu juga mengungkapkan kegembiraan, karena malam itu bertepatan dengan malam kelahiran Imam Mahdi afs yang dinanti.

Hal itulah yang dilakukan komunitas pecinta Ahlul Bait juga ikhwan dari Ahlu Sunah yang ada di Jepara, Demak dan sekitarnya.

Sebelum acara dimulai hadirin sudah memenuhi Masjid Imam Mahdi afs.  yang berlokasi di Hauzah Darut Taqrib, dan tepat jam 8 malam acara dimulai. Tamu undangan yang jumlahnya kurang lebih 500 orang begitu antusias demi mengharapkan rahmat Allah di malam Nisfu.

Setelah pembacaan ayat suci al Quran, santri Hauzah membawakan nasyid-nasyid kerinduan akan kedhuhuran Imam Mahdi, juga doa dan harapan menjadi orang-orang pilihannya. Dilanjutkan dengan ceramah yang disampaiakan oleh ust. Miqdad Turkan, beliau membahas keutamaan malam nisfu juga pentingnya keberadaan Imam dan afdoliah menanti  kedhuhurannya. Setelah ceramah Habib Hasan al Musawa memimpin amalam malam nisfu, diawali dengan mengupas keutamaan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya kemudian pembacaan shalawat Syabaniayah dan Ziarah kepada Imam Husain as. dan Imam Mahdi afs. Kesempurnaan acara diakhiri dengan musofahah, bermaaf-maafan sekaligus saling menyampaikan selamat atas kelahiran Imam Akhir zamann. Ya Mahdi, Adrikna!

(DaTa/sa)

6 Responses
  1. author

    muhammad ishak hamid6 years ago

    elfan@ anda ini bodoh bin dungu alias dungu….artinya jelas di ayat itu dikatakan rasul berarti Nabi Muhammad, lalu yang artikan Al-Mahdi itu siapa….kau khan……anak kecil saja paham dari arti itu……

    Reply
  2. author

    abdullah8 years ago

    Sebaiknya pantau terus timur tengah kususnya suriah. dari situlah muncul sufyani yang karenanya datanglah al mahdi untuk memeranginya hingga akhirnya al mahdi melarikan diri ke mekah. setelah beliau di baiat lalu 6 atau 7 tahun kemudian keluarlah dajjal yang di dahului terbitnya matahari dari barat. selengkapnya baca di http://www.akhirzaman.mobie.in situs kusus kajian akhir zaman

    Reply
  3. author

    fuad9 years ago

    Keyakinan akan datangnya Imam Mahdi as adalah keyakinan muslimin tanpa melihat mazhabnya. kalo ada seorang islam yg mengingkarinya lebih baik belajar dulu.

    Reply
  4. author

    elfan9 years ago

    Baik Dajjal, Al Mahdi ataupun Nabi Isa As. yang akan turun kembali ke bumi, pada dasarnya tidak ada dalam Al Quran.

    Dajjal sudah ada sejak manusia ada, seperti kasus pembunuhan antaranak Adam As;

    Al Mahdi atau Imam Mahdi sudah datang sebagaimana diharapkan oleh Nabi Ibrahim As. dlm QS. 2:129 yakni nabi pamungkas, penutup para nabi, ajarannya berlaku sampai akhir zaman itulah Nabi kita Muhammad SAW (QS. 5:3 dan 33:40), inilah Al Mahdi yang sesungguhnya.

    Nabi Isa As. yang ‘konon’ akan datang kembali ke dunia, ternyata dibantah oleh Al Quran sendiri, bahwa misi para rasul dan nabi terdahulu sudah selesai dan dia tak akan diminta pertanggung jawaban atas nabi/rasul sesudahnya yakni Nabi Muhammad SAW (QS. 2:134 dan 141).

    Reply
  5. author

    asep9 years ago

    @elfan, sodaraku…
    maafin ya! kalau menurut saya anda mesti merujuk hadits-hadits yang ada karena Imam Mahdi adalah keturunan Rasulullah sebagai penerus Rasulullah di akhir jaman, dan bukannya Rasululah saw itu sendiri!

    Reply
  6. author

    elfan9 years ago

    Doa Nabi Ibrahim: “Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka seorang rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al Hikmah (As Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkau-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS. 2:129)….

    Kalimat, ‘utuslah untuk mereka seorang rasul’ ya itulah Nabi Muhammad SAW atau Imam Mahdinya untuk menuntun umat saat itu, saat ini sampai saat kiamat kelak. Jadi tak perlu kita menunggu Imam Mahdi atau Nabi Isa As., krn keduanya tak akan datang dan turun ke muka bumi ini lagi. Renungkan QS. 2:134 dan 141 terjemahannya sbb.:
    “Itu adlah umat yang lalu; baginya apa yang telah diusahakannya dan bagimu apa yang sudah kamu usahakan, dan kamu tidak akan diminta pertanggungan jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan”.

    Reply

Leave a reply "Peringatan Malam Nisfu Syaban dan Milad Imam Mahdi Afs."

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.